Kamis, 26 September 2013

contoh analisa novel



ANALISA NOVEL  BERJUDUL TRAGEDISINEMATA
Tugas Laporan
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa

 







Oleh :
Hasan Mustofa Kamal
11210406
A2 (Reguler)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) SILIWANGI BANDUNG
2012



Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas laporan saya tepat pada waktunya.
Tugas laporan dengan judul Analisa Novel  Karya Hilman hariwijaya dengan Judul Tragedisinemata ini, saya susun dalam rangka memenuhi tugas dari mata kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa pada Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, di STKIP Siliwangi Bandung.
Sebagaimana telah saya uraikan sebelumnya, bahwa dalam penyusunan tugas laporan ini saya banyak mendapatkan kesulitan, sehingga untuk bisa menyelesaikan tugas laporan ini, saya tidak lepas dari bantuan, dorongan, serta bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu, merupakan saat yang tepat apabila pada kesempatan ini saya selaku penulis tugas laporan ini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada:
1.      Bapak Gusjur Mahesa yang telah membimbing saya dalam penyusunan tugas laporan,
2.      Kedua orang tua saya yang selalu memberikan motivasi serta do’a kepada saya,
3.      Rekan-rekan seangkatan dan semua pihak yang tidak mungkin saya sebutkan satu per satu.
Akhirnya saya berharap semoga tugas laporan ini dapat memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa. Saya pun mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, sehingga terbuka kemungkinan bagi saya untuk memperbaiki pada tahap kesempurnaan serta bermanfaat bagi kita semua.


                                                                                                Cimahi, 30 November 2012


                                                                                                            Penulis
i

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                                           i
DAFTAR ISI                                                                                                                          ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                     1
            1.1 Latar Belakang                                                                                                      1
            1.2 Tujuan                                                                                                                   1
BAB II            PERMASALAHAN                                                                                                 2
            2.1 Identifikasi Masalah                                                                                             2
BAB III PEMBAHASAN                                                                                                     3
            3.1 Unsur Intrinsik                                                                                                      3
                        3.1.1 Tema                                                                                                      3
                                    3.1.1.1 Pengertian Tema                                                                     3
                                    3.1.1.2 Tema dari Novel Tragedisineamata                                        3
                        3.1.2 Alur (Plot)                                                                                              4
                                    3.1.2.1 Pengertian Alur (Plot)                                                             4
                                    3.1.2.2 Alur (Plot) dalam Novel Tragedisineamata                            6
                        3.1.3 Latar (Setting)                                                                                        6
                                    3.1.3.1 Pengertian Latar (Setting)                                                       6
                                    3.1.3.2 Latar (Setting) dalam Novel Tragedisineamata                      7
                        3.1.4 Penokohan (Perwatakan/Karakteristik)                                                 7
                                    3.1.4.1 Pengertian Penokohan (Perwatakan/Karakteristik)                7
ii

                                    3.1.4.2 Penokohan dalam Novel tragedisinemata                               8
                        3.1.5 Sudut Pandang                                                                                      8
                                    3.1.5.1 Pengertian Sudut Pandang                                                     8
                                    3.1.5.2 Sudut Pandang pada Novel Tragedisinemata                         8
                        3.1.6 Gaya Bahasa                                                                                          9
                                    3.1.6.1 Pengertian Gaya Bahasa                                                         9
                                    3.1.6.2 Gaya Bahasa dalam Novel Tragedisineamata                         9
                        3.1.7 Amanat                                                                                                  9
            3.2 Unsur Ekstrinsik                                                                                                   10
                        3.2.1 Biografi Pengarang                                                                                10
                        3.2.2 Budaya, Agama, Sosial, Ekonomi                                                         10
            3.3 Sinopsis Novel Tragedisineamata                                                                         11
BAB IV PENUTUP                                                                                                               12
4.1 Kesimpulan                                                                                                           12
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                        13







BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Prosa berasal dari kata proversa yang berarti “Bahasa Langsung” (Bahasa Latin), akibat kontraksi bunyi ditulis prosa yang artinya : cerita yang ditulis dalam bahasa percakapan sehari-hari (karangan bebas).
            Prosa ialah cerita yang merupakan suatu peristiwa yang tidak terikat oleh aturan-aturan dan berdasarkan dari khayalan atau imajinasi pengarang. Salah satu bentuk karya satra prosa adalah novel. Novel ialah suatu cerita dengan alur panjang mengisi satu buku atau lebih, yang mengarang kehidupan manusia, yang bersifat imajinatif, menceritakan kehidupan manusia hingga terjadinya konflik yang dapat menyebabkan perubahan nasib bagi para pelakunya.
            Novel dalam arti umum berarti cerita berbentuk prosa, dalam ukuran yang luas yaitu cerita dengan plot dan tema yang kompleks, karakter yang banyak dan setting cerita yang beragam.
Novel merenungkan dan melukiskan realitas yang dilihat, dirasakan dalam bentuk tertentu dengan pengaruh tertentu atau ikatan yang dihubungkan dengan tercapainya gerak-gerik hasrat manusia.

1.2 Tujuan
            Tujuan penyusunan laporan ini yaitu untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa. Serta meningkatkan kemampuan untuk mengenal, memahami, menghayati dan menghargai karya sastra Indonesia. Salah satunya adalah novel.




BAB II
PERMASALAHAN
2.1 Identifikasi Masalah
Salah satu karya sastra novel memiliki manfaat yang sangat banyak. Hasil karya sastra novel mengandung keindahan yang dapat menimbulkan rasa senang, nikmat, terharu, menarik perhatian, menyegarkan perasaan pembaca, pengalaman jiwa yang terdapat dalam karya sastra memperkaya kehidupan batin manusia khususnya pembaca. Manfaat dari membaca novel adalah memberi kesadaran kepada pembaca tentang kebenaran-kebenaran dalam hidup ini.
Salah satu bentuk karya sastra prosa yaitu novel, terdapat unsur yang dapat kita analisa. Seperti unsur intrinsik yang meliputi : Tema, Alur (Plot), Latar (Setting), Penokohan (Perwatakan/Karakteristik), Sudut Pandang, Gaya Bahasa, dan Amanat. Dan unsur ekstrinsik yang meliputi : Biografi, Pengarang, Politik, Sosial, Budaya, Ideologi, Agama, Sosial, Filosofi, Pendidikan, Ekonomi, dan Sejarah.
Pada salah satu bentuk karya sastra prosa yaitu novel, yang berjudul Tragedisinemata akan dianalisa melalui unsur-unsur yang terdapat di atas.










BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Unsur Intrinsik
            Unsur intrinsik (intrinsic) adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri. Unsur intrinsik sebuah novel adalah unsur-unsur yang secara langsung turut serta membangun cerita. Kepaduan antar berbagai unsur intrinsik inilah yang membuat sebuah novel berwujud. Atau sebaliknya, jika dilihat dari sudut kita sebagai pembaca, unsur-unsur (cerita) inilah yang akan dijumpai jika kita membaca sebuah novel.
3.1.1 Tema
3.1.1.1 Pengertian Tema
            Tema adalah sesuatu yang menjadi dasar cerita. Ia selalu berkaitan dengan berbagai pengalaman kehidupan, seperti masalah cinta, kasih, rindu, takut, maut, religius, dan sebagainya. Tema (theme), menurut staton (1965:20) dan Kenny (1966:88), adalah makna yang dikandung oleh sebuah cerita.
Tema merupakan gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks sebagai struktur semantik dan menyangkut persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan (Hartoko dan Rahmanto, 1986:142). Tema merupakan makna keseluruhan yang didukung cerita, dengan sendirinya ia akan “tersembunyi” di balik cerita yang mendukungnya.
Tema adalah gagasan, ide, atau pikiran utama yang mendasari suatu karya sastra disebut tema. Atau gampangnya, tema adalah sesuatu yang menjadi dasar cerita, sesuatu yang menjiwai cerita, atau sesuatu yang menjadi pokok masalah dalam cerita.
            Tema merupakan jiwa dari seluruh bagian cerita. Karena itu, tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita. Tema dalam banyak hal bersifat ”mengikat” kehadiran atau ketidakhadiran peristiwa, konflik serta situasi tertentu, termasuk pula berbagai unsur intrinsik yang lain.
Tema ada yang dinyatakan secara eksplisit (disebutkan) dan ada pula yang dinyatakan secara implisit (tanpa disebutkan tetapi dipahami).

.1.1.2 Tema dari Novel Tragedisinemata
            Tema dalam novel ini adalah menceritakan seorang anak yang bernama Lupus dan teman-teman sekolahnya yang  diajak bermain film oleh sutradara tetapi sutradara tersebut membatalkannya karena mereka masih pada muda dan masih pada suka bercanda dalam latihannya . seperti dalam dialog yang ada di dalam novel, dibawah ini .
Besoknya secara nggak sengaja Lupus ketemu sang produser di kantor Hai.
Dengan wajah menyesal, beliau menyampaikan kabar duka bahwa mereka
nggak jadi pakai Lupus cs untuk peran pembantu, sebab kata sutradara,
“Kalian masih hijau sekali. Susah diarahkan. Latihannya suka bercanda terus.
Belum lagi kita harus mendaftar kalian ke Parfi sebagai pemain baru.
Bayarnya mahal sekali. Kita toh tak mau mengambil resiko itu. Jadi...”
Lupus tak menyimak lagi, apa yang dikatakan sang produser. Dia cuma
bengong. Bagaimana cara nyampein kawat duka itu ke teman-temannya?
Walaupun  mereka  sedikit merasa kecewa dan malu dengan keputusan sutradara tersebut mereka juga mengikhlaskan bahwa mereka tidak jadi bermain film karena itu adalah tragedi yang menyadarkan mereka bahwa bukan disana tempat mereka , seperti dialog dibawah ini .

                    Lupus pun mulai cerita semuanya. Tentang pertemuannya sama produser.
                    Tentang dibatalkannya peran buat mereka...
                    “Kita semua kecewa. Tapi kita tak boleh larut dalam kesedihan. Perjalanan
                    kita masih jauh. Tragedi ini menyadarkan kita, bahwa kodrat kita bukanlah
                    bintang film. Setiap orang sudah ada tempatnya sendiri-sendiri. Sudah
                    dikotak-kotakkan oleh Tuhan. Misalnya Boim jadi playboy, Fifi jadi artis
                    bohongan, saya jadi cowok kece... yah, semua sudah dibagi-bagi. Nah
                    mungkin kita tempatnya memang bukan di sana. Kita ditempatkan di sini.
                    Sebagai pelajar. Sebagai anak yang harus duduk manis di bangku kelas,
                    sambil menyimak pelajaran. Sambil sesekali lempar-lemparan kapur kalau
                    guru lagi meleng. Meta, Ita dan Utari kebetulan sadar lebih dulu dari kita-
                    kita. Makanya mereka menolak ketika kita tawarkan.”
                    

3.1.2 Alur (Plot)
3.1.2.1 Pengertian alur (plot)
            Stanton (1965:14) mengemukakan bahwa plot adalah cerita yang berisi urutan kejadian, namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Kenny (1966:14) mengemukakan bahwa plot sebagai peristiwa-peristiwa yang ditampilkan dalam cerita yang tidak bersifat sederhana, karena pengarang menyusun peristiwa-peristiwa itu berdasarkan kaitan sebab akibat.
Forster (1970(1927):93) mengemukakan bahwa plot adalah peristiwa-peristiwa cerita yang mempunyai penekanan pada adanya hubungan kausalitas. Alur atau plot dapat disebut juga sebagai rangkaian peristiwa atau jalinan cerita dari awal sampai klimaks serta penyelesaian.
Macam-macam Alur (plot) :
1.      Alur (plot) berdasarkan kriteria urutan waktu
a.       Plot lurus, progresif.
Plot sebuah novel dikatakan progresif jika peristiwa-peristiwa yang dikisahkan bersifat kronologis, peristiwa-peristiwa yang pertama diikuti oleh (atau: menyebabkan terjadinya) peristiwa-peristiwa yang kemudian.
b.      Plot sorot-balik, flash-back.
Urutan kejadian yang dikisahkan dalam karya fiksi yang berplot regresif tidak bersifat kronologis, cerita tidak dimulai dari tahap awal (yang benar-benar merupakan awal cerita secara logika), melainkan mungkin dari tahap tengah atau bahkan tahap akhir, baru kemudian tahap awal cerita dikisahkan.

c.       Plot campuran
Urutan kejadian yang dikisahkan dimulai dengan tahap awal cerita secara logika dan tahap tengah atau tahap akhir yang kemudian cerita dikisahkan kembali.
2.      Alur (plot) berdasarkan kriteria jumlah
a.  Plot tunggal
Plot tunggal sering dipergunakan jika pengarang ingin memfokuskan “dominasi” seorang tokoh tertentu sebagai hero, “pahlawan”, atau permasalahan tertentu yang ditokoh utamai seorang yang tertentu pula.
b. Plot sub-subplot
Subplot, sesuai dengan penamaannya, hanya merupakan bagian dari plot utama. Ia berisi cerita “kedua” yang ditambahkan yang bersifat memperjelas dan memperluas pandangan kita terhadap plot utama dan mendukung efek keseluruhan cerita (Abrams, 1981:138).
3.      Alur (plot) berdasarkan kriteria kepadatan : Plot padat, dan Plot longgar
4.      Alur (plot) berdasarkan kriteria isi
a. Plot peruntungan
Plot peruntungan berhubungan dengan cerita yang mengungkapakan nasib, peruntungan, yang menimpa tokoh (utama) cerita yang bersangkutan.
b. Plot tokohan
Plot tokohan menyaran pada adanya sifat pementingan tokoh, tokoh yang menjadi fokus perhatian.
d.      Plot pemikiran.

Plot pemikiran mengungkapkan sesuatu yang menjadi bahan pemikiran, keinginan, perasaan, berbagai macam obsesi, dan lain-lain hal yang menjadi masalah hidup dan kehidupan manusia.

3.1.2.2  Alur (plot) dalam Novel Tragedisinemata
1.  Berdasarkan kriteria urutan waktu
Novel ini memiliki alur (plot) lurus, progresif. Itu dikarenakan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada novel ini bersifat kronologis, peristiwa-peristiwa yang pertama menyebabkan terjadinya peristiwa-peristiwa yang kemudian. Dapat dilihat ketika lupus dan teman-temannya diajak bermain film mereka semua sangat senang tetapi ketika sutradara tersebut membatalkan mereka untuk bermain film maka mereka pun merasa kecewa dan sedih .
2. Berdasarkan kriteria jumlah
Novel ini memiliki alur (plot) sub-subplot. Dalam novel ini tidak hanya menceritakan seorang tokoh tertentu sebagai “tokoh utama” tapi juga banyak menceritakan tokoh-tokoh lainnya.
3. Berdasarkan kriteria isi
            Novel ini memiliki plot pemikiran yang mengungkapkan sesuatu yang menjadi bahan pemikiran, keinginan, perasaan, berbagai macam obsesi, dan lain-lain.
Hal yang menjadi masalah hidup dan kehidupan para tokohnya.
3.1.3 Latar (Setting)
3.1.3.1 Pengertian latar (setting)
            Latar atau setting yang disebut juga sebagai landas tumpu, menyaran pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan (Abrams, 1981:175).
            Latar memberikan pijakan cerita secara konkret dan jelas. Hal ini penting untuk memberikan kesan realistis kepada pembaca, menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh-sungguh ada dan terjadi.


Macam-macam latar:
1. Latar tempat : Latar tempat menyaran pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi. Unsur tempat yang dipergunakan mungkin berupa tempat-tempat dengan nama tertentu, inisial tertentu, mungkin lokasi tertentu tanpa nama jelas.
2. Latar waktu : Masalah waktu dalam karya fiksi juga sering dihubungkan dengan lamanya waktu yang dipergunakan dalam cerita.
3. Latar sosial : Latar sosial menyaran pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat disuatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi.
3.1.3.2 Latar (setting) dalam Novel Tragedisinemata
            Pada novel ini latar tempat yang digunakan yaitu tempat-tempat yang dijumpai seperti , sekolah, kantin jahat dan mahal (KMJ), mini bus, diperpustakaan, lapang basket, di rumah dan lain-lain. Salah satu contohnya seperti yang ada di dialog dibawah ini
                    Di perpustakaan, dia melihat Rina yang lagi asyik ngebaca. Lupus mendekat.
                    “Halo!”
                    Rina menoleh kaget
Latar waktu (lamanya waktu) dalam novel ini cukup relatif, itu berarti tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat sehingga tidak membuat orang yang membacanya menjadi bingung. Adapun waktunya  yaitu pagi hari,siang hari,sore hari,malam hari dan lainlain. Salahsatu contohnya seperti dibawah ini
                    Saat itu malam belum larut. Paling baru sekitar jam tujuh. Tapi suasana di kebun yang tak jauh dari rumah Rina amat sangat gelam sekali. Bunyi-bunyi  jangkrik dan binatang malam lainnya kadang memecahkan kesunyian yang  mencekam.
Latar sosial dalam novel ini menceritakan kebiasaan hidup Lupus ketika masih bersekolah yang tidak pernah pantang menyerah, dan selalu membantu temannya yang sedang kesulitan .
Oke, Im, saya mau nolong kamu pinjemin duit ke anak-anak. Tapi nggak janji ye, dan - harus dibayar!”
3.1.4 Penokohan (Perwatakan/Karakteristik)
3.1.4.1 Pengertian penokohan (perwatakan/karakteristik)
            Jones (1968:33), penokohan adalah pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita.
Istilah “tokoh” menunjuk pada orangnya. Watak, perwatakan, dan karakter menunjuk pada sifat dan sikap para tokoh seperti yang ditafsirkan oleh pembaca, lebih menunjuk pada kualitas pribadi seorang tokoh.
Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakuan dalam berbagai peristiwa cerita. Pada umumnya tokoh berwujud manusia, namun dapat pula berwujud binatang atau benda yang diinsankan.
Tokoh dapat dibedakan menjadi dua yaitu tokoh sentral dan tokoh bawahan. Tokoh sentral adalah tokoh yang banyak mengalami peristiwa dalam cerita.
Tokoh sentral dibedakan menjadi dua, yaitu:
1.      Tokoh sentral protagonis, yaitu tokoh yang membawakan perwatakan positif atau menyampaikan nilai-nilai positif.
2.      Tokoh sentral antagonis, yaitu tokoh yang membawakan perwatakan yang bertentangan dengan protagonis atau menyampaikan nilai-nilai negatif
3.1.4.2 Penokohan dalam Novel Tragedisineamata
            Tokoh yang ada didalam novel ini diantaranya adalah
·         Lupus                    : cuek,polos,baik hati,suka membantu teman
Terlihat dalam salah satu dialog didalam novel ini .
                    “Oke, Im, saya mau nolong kamu pinjemin duit ke anak-anak. Tapi nggak   janji ye, dan - harus dibayar!”
·         Lulu                       : lincah dan bawel
Terlihat dalam salah satu dialog didalam novel ini .
Egois! Sekali-sekali kenapa sih gantian kamu yang shopping? Apa ibu dibiarkan pergi sendirian? Kasihan, kan, bawaannya banyak banget! Sekali ini aja kok. Soalnya saya bener-bener ada perlu!”
·         Boim                      :  Percaya diri, suka berhutang ,
Terlihat dalam salah satu dialog didalam novel ini
“Lho, serius, Pus. Walau dia datang ke sini kemarin-kemarin itu, saya sempet diundang makan malam di Mandarin sana dia bersama orang-orang kaya lainnya. Jangan keki, Pus, gini-gini ogut kan termasuk orang kaya kesekian di Indonesia....”
·         Fifi alone   : narsis, ingin menjadi artis ,
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
“Ayo dong ngomong, kok malah mejeng di situ? Kamu pikir dengan begitu  bisa lebih kece dari saya, ya?” Fifi Alone, artis kapiran mulai angkat bicara ngeliat Denny Cuma diam aja di muka kelas.
·         Gusur                     : berjiwa seniman,polos
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
“Duhai, malapetaka apakah yang telah engkau  limpahkan pada hambamu yang kece ini, ya Tuhan. Mengapa Engkau abaikan cacing-cacing dalam perutku menggeliat gelisah, sementara tak sekilas pun nampak tanda-tanda nasi dan lauk-pauknya akan dihidangkan di sini. Oh,  betapa kejamnya derita yang harus kutanggung.”

·         Aji                                     : suka menggannggu
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
“Wah, cewek dari mana nih, berani – beranian masuk kelas kita.” Aji buka suara.
·         Gito                       : jail,tapi kadang bisa jadi orang yang bisa diandalkan.
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
  “Jangan – jangan anak baru. Kita kerjain, yuk?” tukas Gito.
·         Produser                : baik dan  tidak sombong
 Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
“Oke deh, besok kamu dan temen-temen kamu ke sini aja lagi. Tapi agak  pagian, biar bisa sekalian latihan, dan dicatat nama-namanya. Soalnya   sekarang pegawai kantor sudah pada pulang,” ujar si produser.

·         Deni                       :  bawel, polos dan cuek.
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
Eng... anu, nama saya Deniati, tapi akrab dengan  panggilan Denny. Saya pindahan dari Semarang, ikut orang tua... cita – cita saya sebetulnya banyak... tapi takut dikira kemaruk, ngerampas lapangan   kerja orang laen, akhirnya saya cukup puas untuk jadi astronot saja...”  Anak – anak langsung padameng-woo. Teriak – teriak keki. But the show must go on, dan Denny tancap terus. “...eng, bintang saya virgo. Kepribadian biasa-biasa saja, artinya nggak ada yang terlalu istimewa, kecuali menolong orang yang terkena serangan jiwa macam... eh-maaf, maksud saya Boim...” Boim ngamuk – ngamuk, tapi anak baru itu yang mulai tumbuh keberaniannya langsung tancap gas.“... Hobi saya banyak. Termasuk memanjat jambu tetangga. Tapi itu   dilakukan kalau bener – bener kepengen. Terus... kata mutiara: don’t judge a boy by his kolor. Terima kasih, rasanya keterangan saya cukup segitu dulu. Nanti kalo ada waktu bisa dilanjutin, walau dengan catatan...”

·         Agnes                    :  dewasa dan baik hati
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
 “Kita semua memang maunya bisa sepenuhnya diterima apa adanya kita. Dengan keunikan kita, ketidaksempurnaan kita, ide-ide kita, dan jugaperasaan kita. Kita butuh dihargai. Saat kita tumbuh dewasa, kita memang banyak dipengaruhi orang-orang di sekitar kita, lingkungan dan masyarakat. Iya kan, Pus?”
·         Rina                       :  baik dan  ramah
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
     “Sabar, Pop, nggak ada April Mop-april mopan dalam hal ini. Sungguh, saya  tadinya bermaksud baik. Kamu harus tau, Pop, Lupus sebenarnya masih  sayang sama kamu. Jangan protes dulu, saya punya bukti-bukti. Saya tau  sekali. Selama ini dia sering ngomongin kamu ke saya. Memang, Lupus nggak    bikin saya sebagai pelampiasan. Dia anak baik kok. Tapi dia nggak bisa   bohong kalau dia masih sayang sama kamu. Udah aja saya langsung niat mau nyatuin lagi kamu sama Lupus. Biar kamu-kamu bisa bahagia. Saya  puter-puter cari akal, akhirnya saya dapat ide. Mau mempertemukan kamu sama Lupus di sini. Makanya saya nulis surat ke kamu dan Lupus dengan    harapan nantinya bisa saling ketemu. Tapi ternyata...” Rina  tak meneruskan eritanya.
·         Bapaknya rina       : suka mengganggu  dan galak
Terlihat dalam salah satu dialog dibawah ini
,”Rambut anda kok gondrong sekali? Apa di sekolan anda tak ada peraturan agar seorang siswa itu harus berambut rapi?”
·         Poppy                    : tegas ,  dan baik
“ Iya, tapi apa maksudmu berbuat begitu? Mau bikin April Mop, ya? Saya kasih tau aja, ya, April Mop kamu berhasil dengan gemilang. Tepatnya, saya merasa kena tipu!”

·         Rizal                      : galak dan sombong
“Jalannya yang bener dong! Dasar anak manja!”

3.1.5 Sudut Pandang
3.1.5.1 Pengertian sudut pandang
            Sudut pandang adalah cara memandang dan menghadirkan tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu. Dalam hal ini, ada dua macam sudut pandang yang bisa dipakai:
a. Sudut pandang orang pertama (first person point of view)
Dalam pengisahan cerita yang mempergunakan sudut pandang orang pertama, ‘aku’, narator adalah seseorang yang ikut terlibat dalam cerita. Ia adalah si ‘aku’ tokoh yang berkisah, mengisahkan kesadaran dirinya sendiri, mengisahkan peristiwa atau tindakan, yang diketahui, dilihat, didengar, dialami dan dirasakan, serta sikapnya terhadap orang (tokoh) lain kepada pembaca. Jadi, pembaca hanya dapat melihat dan merasakan secara terbatas seperti yang dilihat dan dirasakan tokoh si ‘aku’ tersebut.
Sudut pandang orang pertama masih bisa dibedakan menjadi dua:
1.         ‘Aku’ tokoh utama. Dalam sudut pandang teknik ini, si ‘aku’ mengisahkan berbagai peristiwa dan tingkah laku yang dialaminya, baik yang bersifat batiniyah, dalam diri sendiri, maupun fisik, dan hubungannya dengan sesuatu yang di luar dirinya. Si ‘aku’ menjadi fokus pusat kesadaran, pusat cerita. Segala sesuatu yang di luar diri si ‘aku’, peristiwa, tindakan, dan orang, diceritakan hanya jika berhubungan dengan dirinya, di samping memiliki kebebasan untuk memilih masalah-masalah yang akan diceritakan. Dalam cerita yang demikian, si ‘aku’ menjadi tokoh utama (first person central).
2.         ‘Aku’ tokoh tambahan. Dalam sudut pandang ini, tokoh ‘aku’ muncul bukan sebagai tokoh utama, melainkan sebagai tokoh tambahan (first pesonal peripheral). Tokoh ‘aku’ hadir untuk membawakan cerita kepada pembaca, sedangkan tokoh cerita yang dikisahkan itu kemudian ”dibiarkan” untuk mengisahkan sendiri berbagai pengalamannya. Tokoh cerita yang dibiarkan berkisah sendiri itulah yang kemudian menjadi tokoh utama, sebab dialah yang lebih banyak tampil, membawakan berbagai peristiwa, tindakan, dan berhubungan dengan tokoh-tokoh lain. Setelah cerita tokoh utama habis, si ‘aku’ tambahan tampil kembali, dan dialah kini yang berkisah. Dengan demikian si ‘aku’ hanya tampil sebagai saksi saja. Saksi terhadap berlangsungnya cerita yang ditokohi oleh orang lain. Si ‘aku’ pada umumnya tampil sebagai pengantar dan penutup cerita.
b. Sudut pandang orang ketiga (third person point of view)
Dalam cerita yang menpergunakan sudut pandang orang ketiga, ‘dia’, narator adalah seorang yang berada di luar cerita, yang menampilkan tokoh-tokoh cerita dengan menyebut nama, atau kata gantinya: ia, dia, mereka. Nama-nama tokoh cerita, khususnya yang utama, kerap atau terus menerus disebut, dan sebagai variasi dipergunakan kata ganti.
3.1.5.2 Sudut pandang pada Novel Tragedisinemata
            Sudut pandang pada novel ini adalah sudut pandang orang ketiga (third person point of view) Karena orang yang menceritakannya atau yang sebagai naratornya berada diluar cerita, narrator menceritakan atau menampilkan tokoh-tokoh cerita dengan menyebut nama atau kata gantinya ia,dia . khususnya nama tokoh utama sering kali disebut terusmenerus pada ceritanya .
    “Jangan gitu dong, Pus, saya kebetulan aja lagi cekak,” gerutu Boim.                                  Tampangnya jadi sedih. Mulutnya bermonyong-ria, menunjukkan  kesedihannya. Wah, kalau sudah begini susah deh mendeskripsikan      bagaimana suntuknya tu wajah. Lupus aja sampe nggak tegaan ngeliatnya.  Apalagi ketika Lupus mulai mendengar suara sesegrukan si Boim dari balik bantalnya. Duile, gitu aja nangis
            Kutipan percakapan di atas dapat mewakili bahwa novel ini memiliki Sudut pandang orang ketiga (third person point of view) karena menyebut nama tokoh dalam cerita tersebut.


3.1.6 Gaya Bahasa
3.1.6.1 Pengertian gaya bahasa
            Stile (Style, Gaya bahasa), adalah cara pengucapan bahasa dalam prosa, atau bagaimana seseorang pengarang mengungkapkan sesuatu yang akan dikemukakan (Abrams, 1981:190-1). Stile adalah suatu hal yang pada umumnya tidak lagi mengandung sifat kontroversial, menyaran pada pengertian cara penggunaan bahasa dalam konteks tertentu, oleh pengarang tertentu, untuk tujuan tertentu, dan sebagainya (Leech & Short, 1981:10).
Gaya bahasa adalah teknik pengolahan bahasa oleh pengarang dalam upaya menghasilkan karya sastra yang hidup dan indah. Pengolahan bahasa harus didukung oleh diksi (pemilihan kata) yang tepat. Namun, diksi bukanlah satu-satunya hal yang membentuk gaya bahasa.
            Gaya bahasa merupakan cara pengungkapan yang khas bagi setiap pengarang. Gaya seorang pengarang tidak akan sama apabila dibandingkan dengan gaya pengarang lainnya, karena pengarang tertentu selalu menyajikan hal-hal yang berhubungan erat dengan selera pribadinya dan kepekaannya terhadap segala sesuatu yang ada di sekitamya.
            Gaya bahasa dapat menciptakan suasana yang berbeda-beda: berterus terang, satiris, simpatik, menjengkelkan, emosional, dan sebagainya. Bahasa dapat menciptakan suasana yang tepat bagi adegan seram, adegan cinta, adegan peperangan dan lain-lain.
3.1.6.2 Gaya bahasa dalam Novel Tragedisinemata         
Penggunaan gaya bahasa dalam novel ini tidak terlalu sulit. Penggunaan kata-katanya disusun secara sederhana, lazim dan mudah dimengerti. Pada novel ini terdapat gaya bahasa seperti dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak menyebabkan pembaca kesulitan dalam membacanya, karena ungkapan-ungkapan yang digunakan adalah yang sering kita dengar dan ucapkan sehingga kita dapat memahaminya. Kalau pun ada kata-kata yang tidak di mengerti dalam novel ini terdapat glosari atau daftar istilah-istilah kata yang susah untuk di pahami. Penulis memang sudah menyiapkan novel ini dengan matang sehingga tidak akan menyulitkan pembacanya.



3.1.7 Amanat
            Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang terhadap pembaca melalui karyanya, yang akan disimpan rapih dan disembunyikan pengarang dalam keseluruhan cerita.
            Amanat yang terkandung dalam novel Tragedisineamata adalah bahwa kita sebagai generasi muda, generasi penerus harus berusaha dan terus menjaga kelestarian alam di sekitar kita, karena kelestarian alam adalah sumber kehidupan kita. Selain itu, kita harus menjadi anak yang pemberani, berani menjunjung kebaikan, kejujuran, dan memberantas serta melawan semua kejahatan.

Dalam novel ini juga terdapat pesan agar kita setia kawan, kompak, dan peduli terhadap sesama manusia.
 Yang paling utama dalam novel ini adalah kita harus sadar bahwa kita itu mempunyai kodratnya masing-masing dan setiap orang berbeda-beda. kita semua jangan pernah menyerah dan putus asa karena di setiap tragedi yang kita hadapi itu mempunyai makna atau  hikmah yang bisa kita petik untuk pengalaman hidup kita yang lebih baik kedepannya .
 “Kita semua kecewa. Tapi kita tak boleh larut dalam kesedihan. Perjalanan  kita masih jauh. Tragedi ini menyadarkan kita, bahwa kodrat kita bukanla bintang film. Setiap orang sudah ada tempatnya sendiri-sendiri.  dikotak-kotakkan oleh Tuhan. Misalnya Boim jadi playboy, Fifi jadi artis  bohongan, saya jadi cowok kece... yah, semua sudah dibagi-bagi. Nah  mungkin kita tempatnya memang bukan di sana. Kita ditempatkan di sini  Sebagai pelajar. Sebagai anak yang harus duduk manis di bangku kelas,  sambil menyimak pelajaran. Sambil sesekali lempar-lemparan kapur kalau  guru lagi meleng. Meta, Ita dan Utari kebetulan sadar lebih dulu dari kita-  kita. Makanya mereka menolak ketika kita tawarkan.”
3.2 Unsur Ekstrinsik
            Unsur ekstrinsik (extrinsic) adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra itu, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra.
            Secara lebih khusus ia dapat dikatakan sebagai unsur-unsur yang mempengaruhi bangun cerita sebuah karya sastra, namun sendiri tidak ikut menjadi bagian di dalamnya.
3.2.1 Biografi Pengarang
            Biografi Hilman Hariwijaya
Hilman Hariwijaya adalah seorang penulis Indonesia. Namanya dikenal sejak menulis cerita pendek yang diberi judul "Lupus" di majalah Hai dibulan Desember 1986, yang kemudian dibukukan menjadi sebuah novel.
Kini setelah ia tidak produktif lagi menulis novel, laki-laki yang mengagumi sosok penulis Arswendo Atmowiloto dan Astrid Lindgren ini merambah dunia pertelevisian dengan menulis skenario dari sinetron Cinta Fitri (Season 2 - Season 3), Melati untuk Marvel, dan lain-lain. Ia juga memroduseri film layar lebar "The Wall".
Kiprah Hilman Hariwijaya menulis cerita remaja bermula dari kesukaannya pada majalah dan rasa ingin tahu pada dapur redaksinya. Ketertarikan dan rasa ingin tahu tersebut berlanjut dengan kenekatan mendatangi kantor redaksi majalah Hai. Setiap pulang sekolah, masih bercelana pendek seragam SMP, Hilman menghabiskan sebagian waktunya di kantor redaksi majalah tersebut. Berawal dari itu, sedikit demi sedikit ia mulai terlibat dalam keredaksian majalah tersebut hingga akhirnya menjadi wartawan paruh.
Tahun 1978, Hilman unjuk kepiawaian. Ia mengikuti sayembara mengarang. Karyanya berjudul "Bian, Adikku yang Tak Pernah Ada" menjadi pemenang dalam sayembara itu. Selanjutnya namanya melambung. Dua karyanya yang tergolong fenomenal, serial "Lupus" dan "Olga" bukan hanya tercatat laris di pasar dan masih terus dicetak ulang, tetapi juga telah diangkat dalam versi layar lebar dan sinetron remaja. Hingga saat ini sekitar 82 judul buku telah dikarangnya.
Eksistensi Hilman Hariwijaya Saat ini (2012)
Hingga hari ini, Hilman Hariwijaya di usianya yang ke-48 tahun masih berkarya dengan menghasilkan tulisan-tulisan berbobot. Dan yang paling terbaru tentang karyanya adalah cerita yang diangkat ke layar kaca untuk menjadi serial sinetron yang berjudul, “Separuh Aku”
Karya
Hilman Hariwijaya sudah mengrang banyak Novel. Dalam banyak versi. Versi yang paling terkenal adalah Lupus dan Olga. Karangan yang lain adalah :
1.         Lupus
a.         Lupus ABG
b.         Lupus Milenia
c.         Lupus Kecil
2.         Olga
3.         Lulu
4.         Vanya
5.         Vladd
Filmografi
1.         Separuh Aku                                                   Sebagai Scriptwriter
2.         Rasa (2009)                                                     Sebagai Scriptwriter
3.         Suka Ma Suka (2009)                                     Sebagai Scriptwriter
4.         Anak Ajaib (2008)                                          Sebagai Producer
5.         Anak Ajaib (2008)                                          Sebagai Scriptwriter
6.         The Wall (2007)                                             Sebagai Producer
7.         The Wall (2007)                                              Sebagai Scriptwriter
8.         Dealova (2005)                                              Sebagai Scriptwriter
9.         Fantasi (2004)                                                Sebagai Scriptwriter
10.       Olga dan Sepatu Roda (1991)                                   Sebagai Scriptwriter
11.       Lupus III (Topi-topi Centil) (1989)                Sebagai Main Cast
3.2.2 Budaya, Agama, Sosial, Ekonomi
            Dalam novel ini memiliki unsur budaya, agama, sosial dan unsur lainnya.
Budaya, dalam novel ini terdapat istilah-istilah atau ungkapan-ungkapan yang di gunakan dalam bahasa daerah seperti Sunda dan Jawa. Juga terdapat bagian cerita yang menunjukan agama terdapat dalam akhlak yang baik . Lalu, terdapat bagian cerita yang menunjukan sosial terdapat dalam sikap peduli, saling menghormati dan saling membantu sesama manusia. Dan dalam novel Tragedisinemata pun terdapat bagian cerita yang menunjukan ekonomi terdapat dalam keadaan ketika harga tiket bis naik dan mereka yang pergi kesekolah menggunakan bis merasa keberatan akan tetapi mereka bisa menghadapinya dengan menggunakan mobil dari seorang temannya yang digunakan untuk antarjemput kesekolah yang lebih irit dari pada naik bis.
3.3 Sinopsis Novel Tragedisinemata
Lupus, anak nakal yang doyan permen karet itu, ternyata malah sering dikangeni. Hadirnya dia di tengah-tengah teman-temannya membuat hidup remaja lebih berkelir. Penuh warna-warni indah. Padahal, apa sih kelebihan yang dimiliki Lupus? Gaya bicaranya yang ceplas-ceplos? Penampilannya yang berkesan santai? Atau justru sikapnya yang kadang-kadang nakal?
Nggak tau ya. Yang jelas tiada hari ceria tanpa kehadiran dirinya (taela!). Tiada rasa rindu tanpa canda ria bersamanya. Itu kata mereka sendiri : remaja. Sedang Lupus sendiri menanggapi dengan cuwek bebek aja "Ah, enggak enak dikangeni itu. Kalo kebetulan berhalangan hadir, suka ditanya-tanya terus. Repot, kan...," katanya sambil cengar-cengir.
Tapi tentang keberhasilan Lupus jadi idola remaja ini, penulisnya cuma bisa ngerendahin diri, ninggiin mutu,"Ah, itu kan cuma karena selera saya memang sama dengan selera remaja pada umumnya. Jadi apa yang disukai remaja, biasanya saya juga suka."
.











BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
     Salah satu karya sastra novel memiliki manfaat yang sangat banyak. Hasil karya sastra novel mengandung keindahan yang dapat menimbulkan rasa senang, nikmat, terharu, menarik perhatian, menyegarkan perasaan pembaca, pengalaman jiwa yang terdapat dalam karya sastra memperkaya kehidupan batin manusia khususnya pembaca. Dalam salah satu bentuk karya sastra prosa yaitu novel, terdapat unsur yang dapat kita analisa. Seperti unsur intrinsik yang meliputi : Tema, Alur (Plot), Latar (Setting), Penokohan (Perwatakan/Karakteristik), Sudut Pandang, Gaya Bahasa, dan Amanat. Dan unsur ekstrinsik yang meliputi : Biografi, Pengarang, Polotik, Sosial, Budaya, Ideologi, Agama, Sosial, Filosofi, Pendidikan, Ekonomi, dan Sejarah.
Novel ini memiliki alur (plot) lurus, progresif. Itu dikarenakan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada novel ini bersifat kronologis, peristiwa-peristiwa yang pertama menyebabkan terjadinya peristiwa-peristiwa yang kemudian. Dapat dilihat ketika lupus dan teman-temannya diajak bermain film mereka semua sangat senang tetapi ketika sutradara tersebut membatalkan mereka untuk bermain film maka mereka pun merasa kecewa dan sedih .
Sudut pandang pada novel ini adalah sudut pandang orang ketiga (third person point of view) Karena orang yang menceritakannya atau yang sebagai naratornya berada diluar cerita, narrator menceritakan atau menampilkan tokoh-tokoh cerita dengan menyebut nama atau kata gantinya ia,dia . khususnya nama tokoh utama sering kali disebut terusmenerus pada ceritanya .
Penggunaan gaya bahasa dalam novel ini tidak terlalu sulit. Penggunaan kata-katanya disusun secara sederhana, lazim dan mudah dimengerti. Amanat dalam novel Eliana adalah bahwa kita harus saling menghormati dan bersikap dewasa dalam menyikapi masalah.


DAFTAR PUSTAKA

Budianta, Melani, dkk. 2002. Membaca Sastra Pengantar Memahami Sastra Untuk Perguruan Tinggi. Magelang: Indonesiatera.
Nurgiantoro, Burhan. 1944. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hariwijaya.hilman. 1988. tragedisinemata. Jakarta: Republika.


masih banyak kekurangan dalam penulisan ini mungkin jika ada masukan atau kritikan yang membangun atau menjadikan lebih baik silahkan untuk berkomentar .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar