Minggu, 15 November 2015

Cara Gampang Menulis Puisi
Oleh
 D
Hasan Mustofa Kamal
engan menulis kita bisa menyampaikan ide-ide atau perasaan kita yang dapat kita tuangkan ke dalam tulisan (Ansori:2011)[i]. Salah satu cara orang untuk mengekspresikan sebuah perasaannya misalnya perasaan bahagia, sedih, kesal, marah dan sebagainya adalah lewat media tulisan.
Iskandarwassid (2009:248)[ii] menyatakan bahwa aktivitas menulis merupakan  suatu bentuk manifestasi kemampuan dan keterampilan bahasa yang paling akhir dikuasai oleh pembelajar bahasa setelah kemampuan mendengarkan, berbicara, dan menyimak. Menulis dalam keterampilan bahasa ialah keterampilan yang terakhir tidak semudah membaca, berbicara dan membaca karena menulis harus memiliki daya imajinasi yang tinggi untuk berpikir dan menuangkan semua pikiran tersebut ke dalam tulisan.
Salah satu karya dari menulis adalah puisi. Puisi adalah salah satu karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kaya makna sebagai media dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif (Ansori:2011)[iii]. Ketika  menulis sebuah puisi kita perlu memilih kata-kata indah, menuangkan semua pikiran kita dan menyusunnya sehingga menjadi puisi. Puisi yang indah akan tercipta jika penulisnya sudah terbiasa menulis puisi, suasana yang mendukung, berimajinasi dan kreatif.
Menulis puisi memang tidak mudah, tidak semudah membalikan telapak tangan. Bagi sebagian besar orang mungkin mengalami kesulitan dalam  menulis puisi karena kurangnya pengalaman. Banyak orang tidak tahu caranya menuangkan isi pikirannya ke dalam tulisan. Akan tetapi, menulis  puisi itu sebenarnya gampang jika saja kita mengerti dan paham akan cara menuangkan ide atau gagasan  yang ada di dalam pikiran kita.
Saya  ingin memberitahukan kepada semua orang bahwa menulis puisi itu tidak susah.  Sebagian besar orang beranggapan bahwa menulis itu susah sehingga tidak tertarik untuk menulis puisi. Padahal, dengan menulis puisi kita bisa berkreasi dalam bidang  bahasa dan  kita juga bisa meluapkan semua inspirasi, ide dan gagasan kita tanpa batas lewat sebuah puisi.
Ketika kita akan memulai untuk menulis puisi, kita perlu banyak membaca contoh hasil karya puisi para penyair yang handal seperti Chairil Anwar atau W.S Rendra karena dengan banyak membaca contoh puisi, kita bisa mengetahui puisi yang indah itu seperti apa. Dengan begitu, pada saat kita menulis puisi kita akan terpancing untuk membuat karya puisi yang indah dan kita akan berusaha mencari inspirasi yang kita butuhkan. Hal yang kita lihat, dengar, dan rasakan, semuanya bisa kita ungkapkan dalam sebuah puisi, tetapi biasanya penulis kesulitan dalam menuangkan hal yang dirasakannya ke dalam bentuk tulisan.

Sebenarnya menulis puisi itu mudah, hal yang ada di sekitar kita bisa dijadikan inspirasi dalam menulis puisi. Misalnya, ada selembar kertas putih di atas meja kita bisa jadikan itu sebagai inspirasi dalam menulis puisi seperti ini contohnya “selembar kertas putih kepercayaanku, ku letakan di atas meja kehidupan ini”, ini sudah menjadi sebuah bait puisi tinggal kita menambahkan kata-kata sedikit di belakangnya. Banyak sekali kata-kata yang bisa kita ubah menjadi sebuah puisi tidak ada alasan susah dalam menulis puisi apa pun bisa dijadikan puisi.


Menentukan sebuah tema dalam menulis puisi akan mempermudah dalam penulisannya, karena dengan adanya tema yang akan ditulis kita akan fokus kepada tema yang akan kita jadikan sebuah puisi. Banyak sekali tema yang bisa dijadikan puisi, misalnya tema kehidupan, cinta, agama, persahabatan, dan politik. Kita tentukan satu tema yang akan kita tulis menjadi sebuah puisi. Contohnya cinta. Penulis akan mengungkapkan perasaan tentang cinta pada puisi yang ditulisnya. Tema juga bisa membatasi hal yang akan ditulis supaya tidak melebar penulisannya.
Situasi dan kondisi sangat mendukung dan mempermudah ketika menulis puisi, situasi yang nyaman akan memunculkan ide atau gagasan yang ada di dalam pikiran kita keluar begitu saja yang bisa dijadikan puisi. Tempat kita ketika menulis puisi juga sangat mempengaruhi dalam penulisan puisi misalnya, menulis puisi di alam terbuka dengan dipenuhi banyak pepohonan dan udara yang segar membuat otak kita menjadi segar dalam berpikir, hal itu mempermudah dalam mencari inspirasi.  Pepohonan dan objek yang ada di alam terbuka bisa dengan mudah dijadikan sebuah puisi jika kita peka dan merasakan yang ada di alam itu. Kepekaan dalam merasakan yang ada di sekitarnya akan membuat sebuah puisi itu  bisa memberikan pesan kepada pembacanya


Alunan musik yang kita dengarkan ketika sedang menulis puisi juga sangat memudahkan kita merasakan hal yang ada disekitar kita dan apa yang sedang kita rasakan. Dengan musik juga, penulis puisi bisa dengan mudah memunculkan inspirasi yang didapat dari alunan musik tersebut, misalnya alunan musik yang sedang didengar adalah musik yang berlirik tentang cinta yang bahagia,  penulis pun akan merasakan rasanya sedang jatuh cinta. Namun, jika musik yang didengarkannya itu tentang rasa sakit hati atau tentang kegalauan,  penulis akan merasakan dan menulis puisinya tentang rasa sakit ketika cintanya tidak sesuai harapan.
Dengan demikian, tidak ada alasan buat kita untuk berkata bahwa menulis puisi itu susah, rumit, dan tidak ada inspirasi dalam menulisnya. Menulis puisi itu gampang ketika kita ada niat dan berusaha untuk menulisnya lebih baik dari yang lain. Pengalaman dan seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa dalam menulis puisi. Situasi, kondisi, penentuan tema, tempat dan mendengarkan alunan musik  akan mempermudah kita dalam menulis puisi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menulis puisi sekarang juga!







[i] Ansori.Ilham(2013). pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan active learning melalui teknik imagine.STKIP Siliwangi Bandung: diterbitkan 

[ii] Iskandarwassid dan Suhendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Rosdakarya. hal.248

[iii] Ansori.Ilham(2013). pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan active learning melalui teknik imagine.STKIP Siliwangi Bandung: diterbitkan    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar